Kamis, 29 September 2011

Developing ICT for Primary and Secondary Mathematics Teacher Professional Development: The Use of Video in Lesson Study


By : Dr. Marsigit, MA
Reviewed By Absari Nur Khasanah
            VTR (Video Tape Recorder) untuk guru pendidikan dan membentuk kembali pergerakan pendidikan matematika khususnya untuk mengembangkan lesson study mempunyai beberapa keuntungan antara lain : ringkasan pendek dari pembelajaran dengan tekanan di masalah utama dalam pembelajaran, komponen dari pembelajaran dan kejadian utama di kelas, kemungkinan diskusi kasus dan refleksi dengan observasi guru.
Ketika kita menggunakan VTR, kita juga memulai dari observasi pelajaran tetapi, VTR telah siap kehilangan berbagai dimensi, parameter, dan konteks sebab program-programnya telah disiapkan dari persfektif dari recorder dan editor VTR. Melalui observasi VTR, kita mempelajari sesuatu dan mengaplikasikannya dalam aktivitas selanjutnya.
Dengan video, kita mempunyai kesempatan untuk mengobservasi apa yang telah dipelajari di kelas dai membaca buku dan kemudian melihat bagaimana bisa mengaplikasikannya untuk proses pembelajaran di ruang kelas. Ketika kita melihat seorang guru yang mengimplementasikan sebuah teori atau konssep di setiap pembelajaran.
Kontek Jepang tentang VTR
Di awal dari setiap aktivitas, seorang penulis memainkan Japanese VTR tentang Lesson study yang diproduksi oleh “CREAR” of DIRECT NETWORK NICHIBUN, untuk merefleksikan persepsi guru dan untuk memahami secara luas pengaruh aktivitas guru yang mengikutinya.
Example :
Lesson             : Choosing Tasks according to Pupil's Interests (4th grade)
Teacher            : SAITO, Kazuya
School              : Ookayama Elementary School, Yokohama city
Unit                  : The area of plane figures
Method            : Tasks based on pupils' interests.
Objek-objeknya antara lain :
1.      Siswa mengapresiasikan rumus untuk luas gambar dan akan menggunakan rumus tersebut untuk mencari luas
2.      Siswa mampu untuk mencari luas dengan baik menggunakan pengetahuan sebelumnya dan pengalamannya
3.      Siswa mampu untuk merumuskan suatu metode untuk mencari luas jajar genjang, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar