Kamis, 15 September 2011

ENGLISH FOR VOCATIONAL EDUCATION


By : Dr. Marsigit, MA
Reviewed By : Absari Nur Khasanah
Pendidikan kejuruan bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik untuk siap bekerja setelah lulus dari bangku sekolahnya. Pendidikan kejuruan ini, memiliki perbedaan denngan pendidikan yang lainnya  yang lebih mengutamakan teori daripada prakteknya. Dalam pendidikian kejuruan, setiap siswa akan melakukan praktek kerja lapanagna (PKL) tergantung bidang yang mereka tekuni. Untuk menghadapi tuntutan pasar tenaga kerja, maka dibutuhkan mausia yang terampil dan siap bekerja. Tidak hanya berbekal nilai yang tinggi tetapi keterampilan merupakan modal utama yang sangat dibutuhkan. Pemerintah sangat mendukung pendidikan ini sebagai investasi masa depan.
Pada zaman sekarang ini, banyak sekolah-sekolah yang dituntut bisa mncapai standar international seperti SBI yang seharusnya didukung dengan kualitas staf pengajar yang bagus, sarana dan prasarana yang memadai, serta manajemen sekolah yang baik pula. Dalam rangka menuju sekolah yang bertaraf intenasional maka dibutuhkan suatu pembiasan mengkomunikasikan pengetahuan, keterampilan serta pengalamannya dalam bahasa Inggris.
Kunci keberhasilan dalam proses pembelajaran adalah adanya komunikasi yang lancar. Guru hendaknya membiasakan melakukan komunikasi dalam bahasa Inggris, terutama dalam proses pembelajaran di kelas. Adapun hal-hal yang harus dikembangkan ketika bahsa Inggris dijadikan sebagai sumber bahasa antara lain : mengembangkan kurikulum dalam bahasa Inggris, mengembangkan silabus dalam bahasa Inggris, mengembangkan lembar kerja siswa dalam bahasa Inggris, interaksi dalam bahasa Inggris, dan sebagainya.
Berbagai metode belajar hendaknya juga dikembangkan dalam bahasa Inggris. Guru hendaknya memberikan kesempatan kepada para siswa untuk melakukan interaksi antarteman, melibatkan siswa secara aktif dalam suatu dialog, menciptakan jaringan antara siswa dan guru, mengkopilasi buku pegangan siswa sehingga dapat disajikan dalam dua bahasa sehingga diharapkan siswa mampu memahami isi dari materi yang diajarkan.
Karena perkembangan zaman maka semua orang dituntut untuk mengikuti arus perkembangan tersebut yang salah satunya adalah penggunaan bahsa Inggris sebagai bahasa komunikasi. Oleh karena itu, dalam pendidikan kejuruan hadir juga bahasa Inggris :
1.      Guru harus menerima kemampuan berbahasa siswa yang kadang masih belum sempurna
2.      Siswa diharapkan berinteraksi dengan menggunakan bahasa Inggris
3.      Siswa hendaknya diberi kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya baik di bidang akademik, berbahasa Inggris, atau keterampilannya
4.      Guru berperan dalam memotivasi dan memfasilitasi siswa sehingga bisa lancar berbahsa Inggris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar