By : Dr. Marsigit, MA
Reviewed by Absari Nur Khasanah
Sistem Pendidikan Indonesia sebaiknya
mengembangkan kecerdasan dan keterampilan individu, meningkatkan sikap yang
baik, jiwa patriot dan respon sosial. Kurikulum Tingkat satuan pendidikan pada
tingakt kedua Sekolah Menengah Pertama mempunyai tujuan dalam proses belajar
mengajar matematika, yaitu : memahami konsep matematika, untuk menjelaskan
hubungan diantaranya dan untuk menerapkannya dalam pemecahan masalah secara
akurat dan efisien, untuk mengembangkan kemampuan berpikir dalam pola pembelajaran
dan karakteristik matematika, memanipulasinya untuk membuktikannya dan
menjelaskan ide matematika, untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah,
untuk mengkomunikasikan matematika menggunakan symbol, tabel, diagarams dan
media yang lainnya.
Berpikir matematika mempunyai perbedaan dari
pengetahuan yang sederhana atau kemampuan. Ini adalah fakta bahwa berpikir
matematika menyediakan tujuan penting dalam membuktikan kemampuan untuk
memecahkan masalah.
Dalam rencana pembelajaran, peneliti telah menggunakan
gambar yang mana guru berusaha untuk meningkatkan metode matematika dalam
pembelajaran luas total dai tabung dan bola seperti volum kerucut. Hasil
penemuan dari belajar dapat disimpulkan bahwa siswa dapat ditirukan melalui
skema dari kegiatan pembelajaran :
1.
Bentuk
masalah dan komprehensif yang ditimbulkan ketika siswa mengobservasi model
tabung, bola dan kerucut yang diberikan, mengidentifikasi komponen dari tabung,
kerucut, dan kerucut, mendefinisikan konsep tabung, bola, dan kerucut, mendapat
pertanyaan dan pembentukan dari guru to mencari konsep.
2.
Menetapkan
perspektif yang ditimbulkan ketika siswa menggunakan model konkret untuk
mencari luas area dari tabung, bola dan kerucut, mempelajari tinggi dari tabung
yang sama dengan lebar dari persegipanjang, dan keliling lingkaran yang sama
dengan panjang persegipanjang.
3.
Mendapatkan
solusi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar