Sabtu, 12 November 2011

LESSON STUDY ON MATHEMATICAL THINKING Developing Mathematical Methods in Learning the Total Area of a Right Circular Cylinder and Sphere as well as the Volume of a Right Circular Cone of the Indonesian 8th Grade Students

By : Dr. Marsigit, MA
Reviewed by Absari Nur Khasanah
Sistem Pendidikan Indonesia sebaiknya mengembangkan kecerdasan dan keterampilan individu, meningkatkan sikap yang baik, jiwa patriot dan respon sosial. Kurikulum Tingkat satuan pendidikan pada tingakt kedua Sekolah Menengah Pertama mempunyai tujuan dalam proses belajar mengajar matematika, yaitu : memahami konsep matematika, untuk menjelaskan hubungan diantaranya dan untuk menerapkannya dalam pemecahan masalah secara akurat dan efisien, untuk mengembangkan kemampuan berpikir dalam pola pembelajaran dan karakteristik matematika, memanipulasinya untuk membuktikannya dan menjelaskan ide matematika, untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, untuk mengkomunikasikan matematika menggunakan symbol, tabel, diagarams dan media yang lainnya.
Berpikir matematika mempunyai perbedaan dari pengetahuan yang sederhana atau kemampuan. Ini adalah fakta bahwa berpikir matematika menyediakan tujuan penting dalam membuktikan kemampuan untuk memecahkan masalah.
Dalam rencana pembelajaran, peneliti telah menggunakan gambar yang mana guru berusaha untuk meningkatkan metode matematika dalam pembelajaran luas total dai tabung dan bola seperti volum kerucut. Hasil penemuan dari belajar dapat disimpulkan bahwa siswa dapat ditirukan melalui skema dari kegiatan pembelajaran :
1.      Bentuk masalah dan komprehensif yang ditimbulkan ketika siswa mengobservasi model tabung, bola dan kerucut yang diberikan, mengidentifikasi komponen dari tabung, kerucut, dan kerucut, mendefinisikan konsep tabung, bola, dan kerucut, mendapat pertanyaan dan pembentukan dari guru to mencari konsep.
2.      Menetapkan perspektif yang ditimbulkan ketika siswa menggunakan model konkret untuk mencari luas area dari tabung, bola dan kerucut, mempelajari tinggi dari tabung yang sama dengan lebar dari persegipanjang, dan keliling lingkaran yang sama dengan panjang persegipanjang.
3.      Mendapatkan solusi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar