Jumat, 07 Oktober 2011

LESSON STUDY : Promoting Student Thinking on the Concept of Least Common Multiple (LCM) Through Realistic Approach in the 4th Grade of Primary Mathematics Teaching

By : Marsigit, Atmini Dhoruri, Sugiman, Ali Mahmudi
Reviewed by Absari Nur Khasanah
Kita mendefinisikan berpikir matematika sebagai kegiatan siswa untuk mengkomunikasikan ide matematikanya dengan menggunakan symbol, table, diagram, dan sumber lain sehingga siswa mampu untuk menyelesaikan permasalahan.
Khususnya kurikulum kami dalam proses pembelajaran matematika bertujuan untuk :
  1. Untuk memahami konsep matematika, menerangkan hubungannya dan mengaplikasikannya terhadap permasalahan secara akurat dan efisien
  2. Mengembangkan kemampuan berpikir untuk mempelajari pola dan karakteristik matematika, memanipulasinya supaya menjadi bentuk umum, membuktikan dan menerangkan ide dan proposisi matematika
  3. Mengembangkan kemampuan pemecahan masalah yang meliputi pemahaman masalah, model matematika, memecahkannya dan memperkirakan hasilnya
  4. Mengkomunikasikan ide matematika dengan menggunakan symbol, table, diagram dan media lainnya
  5. Mengembangkan apresiasi penggunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari, rasa ingin tahu, perhatian dan keinginan untuk mempelajari matematika sebaik mungkin dan percaya diri 
Pendekatan realistik : Situasi dunia yang nyata atau konteks masalah merupakan point awal untuk mempelajari matematika.
Observasi yang dilakukan bertempat di SD Percobaan 2 Yogyakarta khususnya kelas 4.
Standar Kompetensi : Untuk memahami dan menerapkan factor dan kelipatan suatu bilangan untuk memecahkan masalah
Kompetensi Dasar :
  1. Memahami Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK)
  2. Menentukan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK)
  3. Memecahkan masalah yang berhubungan dengan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK)
Langkah-langkah yang dilakukan :
  1. Mengidentifikasi atau mendeskripsikan bentuk khusus matematika
  2. Membentuk rumus dan memvisualisasikan masalah dengan cara yang berbeda
  3. Menemukan hubungan antara aktivitas yang dilakukan bersama-sama dan kelipatan persekutuan
  4. Menemukan konsep keteraturan : konsep keteraturan berasal dari konsep aktivitas rutin
  5. Mengubah masalah kehidupan nyata menjadi masalah matematika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar